Tips Belanja Online

belanja onlineKesibukan kita di kehidupan sehari-hari terkadang tak memungkinkan kita untuk pergi ke pasar atau toko untuk membeli kerudung atau pakaian muslimah lainnya. Nah, bagi yang sibuk seperti itu dan ada akses internet, tak ada salahnya mencoba belanja online. Selain mudah dan praktis, kita juga bisa menemukan barang-barang yang unik dan bagus tanpa harus repot berdesakan belanja di pasar atau mall.

Kekurangan belanja online tentu saja ada, selain rawan akan penipuan, juga kita tidak bisa melihat langsung barang yang akan kita beli, tidak bisa menyentuh bahan dan mencobanya langsung saat itu. Namun bila kita ingin berbelanja via online, ada baiknya kita simak tips belana online berikut:

  1. Pastikan kita belanja online di Olshop yang terpercaya. Ada websitenya, fans page atau akun yang asli, bukan akun palsu. Cara mendeteksinya cukup mudah, yakni dia adalah orang yang kita kenal, atau ada teman kita yang mengenalnya juga. Di web atau FP nya, ada lalu lintas komunikasi yang berjalan rapi dan dua arah. Artinya dia punya teman lain yang merespon dagangannya. Tidak satu arah yang hanya menawarkan barang tetapi tidak ada timbal balik dari pelanggannya.
  2. Ada gambar barangnya secara detail, dan harganya rasional. Jadi kita tidak tertipu dengan harga yang kemahalan. Pastikan kita memesan barang yang kita inginkan, biasanya ada format pemesanan bagi pelanggan dengan cara mengirim SMS kepada penjual. Penjual pun akan membalas dengan mengirimkan nomor rekening untuk transfer uangnya.
  3. Bila kita sudah pesan dan memberikan alamat kita, segera transfer sejumlah harga dan ditambah ongkos kirim. Ongkos kirim ini berbeda antara ekspedisi satu dengan lainnya, jadi harganya bisa berbeda. Sama saja seperti ongkos kita ke pasar mungkin.
  4. Minta nomor resi pengiriman, supaya kita bisa melacak di situs pengiriman barangnya. Jadi bisa terdeteksi benar atau tidaknya Olshop yang sedang transaksi dengan kita.
  5. Sebaiknya tidak membeli barang elektronik di Olshop kecuali kita sudah sangat kenal penjualnya dan dia terpercaya, karena rawan penipuan dan bisa saja terjadi kerusakan saat pengiriman. Lebih baik beli langsung, mencoba dan melihatnya serta bisa menawar harganya.
  6. Jangan terlena dengan kemudahan kartu kredit. Karena keasyikan belanja online, mudah karena pakai kartu kredit, bisa jebol juga akhirnya. Belilah barang yang benar-benar kita butuhkan, supaya tidak membeli banyak barang yang sebenarnya tidak benar-benar kita perlukan. Maka bijaklah dalam berbelanja, kebutuhan lainnya masih banyak Sist…

Jadi, belanja online selama kita mengerti rambu-rambunya, insyaa Allah aman dan nyaman.  Semoga bermanfaat :-)

Related posts:

Keluarga Sakinah Dambaan Umat Islam
Kerudung Punuk Unta
Sabar Itu.... Tak Ada Batasnya!

0 Comments