Layakkah Kita Berada di Sorga?

Tak ada setitikpun kerugian bagi orang yang senantiasa istiqomah menapaki jalan keta’atan kepada Rabb Pencipta Semesta. Bila pun ada sulit mendera, itu tak ubah layaknya gula-garam yang menambah nikmat “masakan” yang bernama kehidupan. Suka dukanya dalam keta’atan justru menjadi penentu kemuliaan hidup kita.

Sahabat, sorga itu tidaklah gratis. Ia harus kita beli dengan sesuatu yang bernama “keta’atan”. Dan tidak sembarang keta’atan, tapi keta’atan total. 100%. Sorga bukanlah hadiah yang tiba-tiba jadi milik kita, sedangkan tidak ada yang kita lakukan untuk mendapatkannya. Tidak demikian.

Allah SWT berfiman: “Ataukah kamu mengira kamu akan masuk surga, padahal belum datang cobaan seperti yang dialami oraqng-orang terdahulu seperti kamu?” (QS. Al Baqarah: 214)

Nampaklah jelas, bahwa sorga itu jalan yang penuh dengan ujian dan cobaan. Jalan menuju Sorga bukanlah jalan orang yang berleha-leha dan tanpa pengorbanan. Tidak. Jalan menuju Sorga adalah jalan yang teramat terjal dan menanjak. Tak semua orang mau dan bisa melewatinya. Perlu keikhlasan dan kesungguhan untuk menapakinya. Karena keteguhan, kesabaran juga keikhlasan dalam menapaki jalan keta’atan itulah, orang tersebut berhak mendapatkan Sorga.

Sayyid Quthb berkata: “Agar layak masuk surga, maka para pemegang akidah harus harus membela akidahnya.  Untuk ini mereka harus siap memikul penderitaan, kesulitan, kesengsaraan, dan kemelaratan, silih berganti mengalami kemenangan dan kekalahan,” dan beliau pun melanjutkan perkataannya, “Mereka berhak masuk surga…” (Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, 1/259).

Lantas, layakkah kita mendapat hadiah Sorga atas amal yang ada?

Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang berhak mendapatkan Sorga. Aamin

 

Elthof Inspiring [288E1ED7]

Elltof Collection | Inspirasi Sejati Hijab Islami

 

Follow kami di: https://twitter.com/Elthof

Like kami di: http://www.facebook.com/ElthofCollection

Related posts:

Jalan Cahaya; Episode Masuk Islamnya Umar bin Khattab
Kerudung Punuk Unta
Muslimah Pendidik Generasi Terbaik

0 Comments