Kemuliaan Muslimah

Muslimah sejatiKalau kita jalan-jalan ke Jakarta, naik bus Transjakarta tentu akan menemui satu bagian khusus wanita termasuk muslimah. Begitu pula dengan kereta, ada gerbong khusus wanita. Mengapa ada gerbong atau ruangan khusus wanita? Tak lain adalah sejak terjadinya banyak pelecehan yang terjadi atas wanita di angkutan umum. Baru-baru ini juga banyak kasus pemerkosaan di angkot. Masya Allah. Sangat mengerikan bagi kita para wanita, seakan tak ada lagi ruang aman bagi kita di ranah publik. Bahaya senantiasa mengancam dan siap menerkam para wanita.

Sebenarnya, dalam hal ini ada dua pihak yang saling ada timbal balik. Pihak laki-laki jahat yang mengumbar nafsunya tidak pada tempatnya, dan pihak wanita yang mengumbar auratnya juga tidak pada tempatnya. Memperlihatkan bagian tubuh yang membuat para lelaki tergugah hasratnya.

Satu kalangan menyalahkan “rok mini” yang dikenakan wanita, dan kalangan lain yang membela wanita itu dengan menyalahkan para lelaki yang “otaknya mini”. Yang dipikirkan seputar wanita saja. Tentu, jika terus saling menyalahkan, masalah ini akan terus berulang. Lalu bagaimana seharusnya wanita bertindak dalam kehidupan umum agar tidak terjadi pelecehan serupa?

Islam Memuliakan Muslimah

Dalam Islam, kaum wanita dimuliakan dengan aturan-aturannya. Ada aturan menutup aurat, dengan cara mengulurkan jilbab hingga menutup mata kaki dan mengenakan khimar hingga menutup dada. Dengan pakaian ini, martabat muslimah akan terjaga dengan baik. Tidak akan ada yang berani melecehkan karena segan dan hormat serta tidak terbersit hawa nafsunya. Sebab laki-laki adalah makhluk yang kelemahannya ada pada pandangan matanya, oleh sebab itu kalau laki-laki itu normal tentu akan tertarik pada wanita yang berpenampilan “aduhai”. Memang dia salah, sebab tidak bisa menjaga pandangannya. Namun disalahkan sepenuhnya juga tidak bisa, karena di mana ada asap pasti ada apinya. Ya wanita yang mengumbar auratnya tadi, yang seolah menantang kaum adam tetapi saat diserang mereka tak punya daya untuk melawan.

Ukhty, Islam membuat aturan bukan untuk mengekang kebebasan kaum muslimah. Aturan-aturan-Nya adalah untuk memuliakan muslimah. Menggunakan jilbab dan kerudung supaya tidak diganggu, supaya bisa dibedakan dengan wanita murahan. Bukankah barang berharga itu disimpan di tempat tertutup dalam etalase yang berbeda dengan barang obralan yang dijejer di pinggir jalan yang pembungkusnya saja sudah tak ada?

Tertutupnya aurat muslimah tidak akan menjadikannya terbatas ruang geraknya. Justru akan menambah keanggunan dan keindahan muslimah itu sendiri. Jauh dari gangguan dan tidak akan sembarangan orang mencolek-colek sebab bukan mahramnya. Hanya suaminya kelak yang dengan kesaktian akad nikah yang boleh melihat keindahan muslimah itu.

Seandainya semua muslimah sadar bahwa setiap aturan Allah itu selain bernilai ibadah, juga demi kebaikan manusia juga. Namun benarlah bahwa sebagian besar manusia itu tidak bersyukur. Tidak memikirkannya, dan tidak mengambil pelajaran. Semoga kita termasuk muslimah yang diridhoi-Nya. Aamiin. (yA)

Related posts:

Muslimah Pendidik Generasi Terbaik
Sabar Itu.... Tak Ada Batasnya!
Tips Belanja Online

Tags : , , , , 0 Comments