Jenis Kerudung Yang Wajib Diketahui

Jenis Kerudung elthofWanita tidak bisa dipisahkan dari berbagai jenis kerudung. Semakin hari semakin bertambah saja model-model kerudung dengan gaya yang lucu dan unik. Lengkap pula dengan tutorial hijab yang membimbing kita mengetahui cara memakai kerudung dengan gaya yang modis dan trendy. Jadilah mode kerudung zaman sekarang tampak keren dan tidak monoton.

Namun, dari semua macam jenis kerudung yang ada, secara garis besar kerudung bisa dibedakan dalam tiga jenis. Di antaranya:

1. Kerudung praktis atau bergo. Sesuai namanya, kerudung ini sangat praktis dan mudah dalam pemakaiannya. Tidak butuh tutorial yang bermacam-macam karena memakainya tinggal masukkan saja ke kepala. Kalaupun mau dimodifikasi, bisa ditambahkan pin atau bros yang akan menambah cantik kerudung praktis ini. Kerudung praktis ini sekarang banyak modelnya, tidak polos begitu saja. Ada yang bordiran, rampel, tali, maupun sulam pita. Ukurannya pun bermacam-macam, ada yang ngepas di kepala, ada yang lebar dan panjangnya bisa sampai ke betis. Bahannya pun beraneka ragam. Mulai dari bahan kaos, bahan spandek, katun dan sebagainya. Tips memilih kerudung praktis: pilihlah kerudung yang bahannya mudah menyerap keringat, nyaman dipakai dan tidak kekecilan.

2. Kerudung segi empat. Kerudung ini ukurannya 1×1 meter, ada pula yang 1,5×1,5 meter atau ada juga yang lebih lebar dari itu. Karena bentuknya hanya berupa selembar kain, maka kerudung segi empat lebih bisa dimodifikasi dengan tambahan bros misalnya. Bahannya juga ada yang tebal, ada yang tipis. Maka, tips memakai kerudung jenis ini adalah perhatikan ketebalan bahannya. Kalau agak tipis, bisa disiasati dengan memakai dalaman yang lebih tebal. Kalau dasar bahannya sudah cukup tebal dan tidak transparan, cukup memakai dalaman biasa saja.

3. Kerudung pasmina. Bentuknya persegi panjang. Motif dan bahannya bermacam-macam, sesuai dengan selera kita. Kerudung jenis ini jika dimodifikasi akan tampak cantik dan elegan. Hanya, memang harus memilih yang lebih panjang dan lebar supaya tidak terlihat kecil saat dipakai.

Semua jenis kerudung itu bervariasi lagi warna dan motifnya. Kita bisa memilih mana saja yang sesuai selera kita selama tetap syar’i. Pemilihan warna juga penting. Kita pilihlah warna yang tidak norak supaya tidak mencolok mata. Penambahan aksesoris juga sah-sah saja, semisal bros bunga. Sesuaikan saja warnanya dengan kerudung yang kita pakai.

Mengenai harga setiap jenis kerudung, tidak masalah kalau sedikit lebih mahal asalkan kualitasnya bagus dan terjamin. Kalau kualitasnya baik, kemungkinan kerudung kita akan awet sehingga tidak perlu membeli kerudung terus setiap saat. Karena ada pula kerudung yang bagus awalnya tetapi setelah beberapa waktu, menjadi luntur dan pudar warnanya. Tentu ini mengecewakan. Harga memang bukan segalanya, karena yang penting adalah setiap jenis kerudung tetap syar’i dan berkualitas tinggi. Wallahu a’lam.[]

Related posts:

Belajar itu Beramal
Muslimah Pendidik Generasi Terbaik
Bila Hidup Telah Berakhir

Tags : , , , , 0 Comments