Hati-hati Bahaya Ghibah

bahaya ghibahLisan adalah senjata manusia untuk menyampaikan kebenaran yang akan menghantarkan ke surga. Namun lisan juga adalah bumerang bagi manusia yang akan mencenburkan dalam neraka karena mengatakan sesuatu yang buruk seperti yang diakibatkan oleh bahaya ghibah.

Bahaya ghibah itu sangat halus, sehingga tidak banyak yang menyadari telah melakukan hal itu. Sangat mudah dilakukan, ringan dan menyenangkan. Ketika kita mengatakan sesuatu yang ada pada diri orang lain sedang orang itu tidak ada bersama kita dan bermaksud untuk menjelekkan maka hal ini adalah ghibah dan sangat dilarang.

Allah sw berfirman dalam surat al-Hujurat: 49.

“Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan  satu sama lain. Adakah seseorang di antara kamu suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.”

Rasulullah pun mengingatkan kita tentang ghibah, ketika beliau menanyakan pada para sahabatnya.

“Tahukah kalian, apakah ghibah itu?” Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Rasulullah saw bersabda: “Engkau menyebut saudaramu dengan sesuatu yang tidak ia sukai, maka jika kamu berkata benar, sungguh kamu telah menggunjingnya (ghibah) dan jika kamu tidak berkata benar padanya maka kamu telah berdusta padanya (fitnah).” HR Muslim.

Betapa berbahayanya jika kita menggunjingkan orang lain. Hal yang benar saja sudah termasuk ghibah, bagaimana pula jika itu tidak benar, maka menjadi fitnah. Sedangkan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Alangkah menjijikkannya ghibah itu andai kita mengetahuinya, sampai Allah menyamakan bahaya ghibah dengan memakan bangkai saudara sendiri. Apakah nikmat rasanya memakan bangkai, apalagi bangkai saudara kita sendiri?

Karena itulah, pentingnya menjaga lisan dari hal-hal yang sia-sia dan berdosa. Sesuatu yang nyaris tidak disadari karena sifatnya yang ringan dan tidak terasa. Bila kita tidak mampu mengatakan sesuatu yang baik maka lebih baik diam. Sebab diam bisa menjaga kita dari keburukan lisan, dan merupakan akhlak yang baik daripada banyak berbicara yang justru akan mendekatkan kita pada perkara-perkara maksiat.

Jika kita bertemu dengan orang yang suka menggunjing, jangan dengkarkan ia. Bila kita dengarkan, kita akan terjebak dalam pergunjingan. Orang yang dengan mudahnya menggunjingkan orang lain di depan kita maka dia pun bisa dengan mudahnya menggunjingkann kita di depan orang lain.

Bahaya ghibah di antaranya adalah:

  1. Ghibah menjadikan pelakunya terbuka aibnya di dunia maupun di akhirat
  2. Ghibah menyakiti hamba-hamba Allah swt
  3. Ghibah termasuk kezoliman dan melampaui batas terhadap orang lain
  4. Ghibah berakibat terkena azab pada hari kiamat
  5. Ghibah memporak-porandakan masyarakat, menebarkan fitnah, menimbulkan permusuhan di antara manusia dan menimbulkan dendam.
  6. Ghibah menunjukkan kotornya lisan pelakunya dan hancurnya akhlaknya.

Wallahu a’lam. Demikianlah tausyiah agar kita bisa menjaga lisan dan jauh dari bahaya ghibah. Semoga bermanfaat.

Related posts:

Dakwah itu Cinta
Keluarga Sakinah Dambaan Umat Islam
Jenis Kerudung Yang Wajib Diketahui

Tags : , , 0 Comments