Beli Kerudung: Murah atau Bagus?

Kerudung elthofMuslimah pasti tidak bisa jauh dari kerudung atau khimar. Barang yang satu ini memang sangat istimewa bagi kaum muslimah. Saat ini kegunaannya bukan lagi sebagai penutup kepala semata, melainkan sudah menjadi tren mode yang modelnya bermacam-macam. Kerudung masa lalu sangat sederhana, hanya segi empat atau bergo tanpa desain yang beraneka ragam.

Sekarang model kerudung sudah semakin beragam. Merknya pun tak terhitung. Dari yang terkenal sampai yang tidak ada merknya, dari yang murah sampai yang mahal pun tersedia. Ukhty, dalam memilih kerudung kita tidak hanya sekadar beli kerudung kemudian memakainya. Kita harus perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pilih kerudung yang syar’i, sesuai dengan syariat. Kerudung yang sesuai dengan syariat adalah yang mengulur hingga menutup dada. Hal ini dijelaskan Allah dalam al-Qur’an.

“…….Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka,…….” (TQS. An-Nuur: 31)

Syarat pertama ini harus sudah pasti tidak bisa ditawar lagi. Jadi kalau khimar itu terlalu kecil sehingga tidak sampai menutupi dada, maka kerudung itu tidak sesuai dengan syariat. Selain itu, kerudung yang sesuai syariat adalah tidak transparan, tidak tipis agar tidak tampak perhiasan atau warna kulit muslimah itu. Sebab masih banyak muslimah yang memakai kerudung tapi transparan, tipis, sehingga tampak lehernya, tampak perhiasannya, dan tampak pula lehernya. Ini yang berbahaya. Sebab tujuan memakai kerudung adalah agar tertutup auratnya, bukan malah terbuka di mana-mana.

2. Pilih kerudung yang murah atau yang bagus? Kalau bisa, pilih yang murah dan bagus. Namun harga tidak berbohong, adakalanya kerudung itu murah tapi kualitasnya jelek. Namun kalau pilih yang bagus harganya mahal. Apalagi kalau yang bermerk terkenal. Ukhty, kita harus bijak memilih. Maka pilihlah khimar yang nyaman dipakai, tidak terlalu mahal tapi bahannya bagus. Atau, kalau mahal sedikit tidak mengapa karena kalau bahannya bagus dan perawatannya baik, kerudung itu akan awet, tidak cepat rusak dan tampak bagus ketika dipakai. Yang harus diperhatikan adalah niat saat memakai kerudung. Untuk menutup aurat, bukan untuk pamer keindahannya pada orang lain. Selama syar’i, Allah tidak pandang berapa harganya dan tidak peduli ada renda atau tidak dalam kerudung yang kita pakai.

3. Selaraskan dengan hati. Maksudnya adalah kita selaraskan dengan akhlak kita. Banyak orang yang enggan menutup aurat karena melihat fakta bahwa banyak yang memakai kerudung tapi kelakuan amburadul. Jadi, lebih baik hijabkan hati saja. Dalih seperti itu tidak benar, maka kita berikan teladan kepada para muslimah lainnya agar kita mengenakan kerudung bukan semata-mata mengikuti tren melainkan karena menaati perintah Allah. Bila mereka melihat keindahan akhlak kita, maka insyaa Allah mereka tak memvonis bahwa lebih baik hijab hati saja.

Demikian, semoga menginspirasi. [yA]

Download Katalog

Related posts:

Hati-hati Bahaya Ghibah
Sabar Itu.... Tak Ada Batasnya!
Mengenal Bahan Kerudung

Tags : , , , , , 0 Comments