Belajar itu Beramal

Bila ditanya hal penting dalam hidup selain iman, pasti jawabannya adalah ILMU. Ilmu telah Islam tempatkan di posisi mulia. Bahkan, Rasulullah Saw ajarkan untuk dapatkan dunia perlu ilmu, untuk dapatkan akhirat juga perlu ilmu, dan untuk mendapatkan keduanya juga perlu ilmu. Saat sulit menjelma, saat rugi mendera, hampir semuanya bermula dari ilmu. Minimnya ilmu berbuah beratnya hidup. Tak adanya ilmu jadikan langkah jadi tak terarah, karena cahaya hilang di hadapan. Bahkan, tak jarang terjerumusnya kita pada maksiyat karena minimnya ilmu. Berkeluarga perlu ilmu. Berbisnis perlu ilmu. Bekerja perlu ilmu. Beribadah juga perlu ilmu. Semua hal di dunia ini perlu ilmu.

Betapa pentingnya ilmu, Rasulullah Saw berujar, “Menuntut ilmu itu (belajar) wajib bagi Muslim dan Muslimah.” (HR Muslim).

Dan ternyata, semakin kita belajar, kita semakin faham bahwa kita ini sedikit fahamnya. Ilmu adalah cahaya, ia yang bisa hadirkan terang dalam gelapnya terang. “Ilmu itu cahaya, dan cahaya Allah itu tidak akan diberikan kepada orang yang berbuat maksiat,” ujar salah satu guru menasihati Imam Syafi’i. Ternyata, bila ilmu sulit kita dapat, bila faham jauh kita raih, mungkin ada maksiyat yang kita lakukan jadi hijab (pembatas) antara kita dengannya.

Hal terpenting dari ilmu tidak berhenti pada adanya ilmu, tapi pada pengaruh ilmu pada sikap dan perbuatan. Imam Syafi’i pernah menegaskan bahwa ilmu itu bukan yang dihafal dalam pikiran, tetapi yang bermanfaat dalam perbuatan. Sabda Nabi SAW, “Siapa yang bertambah ilmunya, tetapi tidak bertambah petunjuknya (amalnya tidak semakin baik), maka ia hanya akan semakin jauh dari Allah.” (HR ad-Darimi).

Sekali lagi, ilmu tidak berhenti di adanya tapi berlanjut pada “what next” dan pengaruh ilmu pada sikap kita. Semakin tinggi ilmu, makin mulia hidup kita. Mestinya begitu. Bertambahnya ilmu itu beriringan dengan bertambahnya amal kebaikan. Semoga. Selamat hadirkan ilmu jadi amal.

 

Elthof Inspiring

Ingin berkomunikasi dengan kami, silakan follow @elthof | @elthofinspiring | @asepfakhri

www.elthof.com | add PIN: 288E1ED7

 

 

Related posts:

Ada Beban; Ada Pundak
Muslimah Cantik Alami
Tips Belanja Online

0 Comments