Baju Baru untuk Lebaran

belanja baju baru untuk lebaranTak terasa bulan yang suci akan segera berakhir. Dalam hitungan hari insya Allah kita akan berjumpa dengan bulan syawal. Bulan kemenangan yang hanya ada sekali dalam setahun dan paling dinanti. Terutama oleh anak-anak yang mengharapkan dapat baju lebaran.

Para ibu biasanya punya banyak kesibukan selama bulan Ramadhan ini. Selain harus ekstra ibadah, juga harus mempersiapkan segala kebutuhan keluarganya. Mulai dari santapan sahur dan menu berbuka puasa, juga menyiapkan kebersihan pakaian khusus untuk digunakan saat solat berjamaah.

Atau mungkin, sibuk juga membeli baju baru untuk lebaran? Tidak masalah. Karena untuk ibadah, kita dianjurkan memakai pakaian yang paling bagus dan rapi. Maka, membeli baju baru pun dibolehkan asal tetap memikirkan hal-hal berikut, di antaranya:

  1. Belilah apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Kalau kita butuh baju baru karena baju yang lama sudah rusak atau jelek, maka boleh kota menyisihkan uang untuk membelinya.
  2. Pilih yang syar’i, artinya tidak melanggar hukum syara jika kita mengenakannya. Misalnya, dalam memilih baju kita memilih baju yang longgar dan tidak transparan.
  3. Tak perlu memilih baju dengan harga mahal kalau ada yang harganya murah. Prinsipnya, pilih yang murah tapi tidak murahan. Jangan sampai anggaran terbesar kita hanya untuk beli baju, padahal kebutuhan lainnya belum terpenuhi.
  4. Sebaiknya beli pakaian untuk lebaran jauh hari sebelum Ramadhan, karena supaya kita bisa konsentrasi beribadah di bulan yang suci ini dan tidak terganggu dengan aktivitas belanja baju baru. Jangan biarkan masjid-masjid sepi karena para ibu lebih meramaikan mall dan pasar. Biasanya, harga akan melonjak naik kalau mendekati hari raya.
  5. Tidak ada salahnya belanja lewat online. Sekarang sudah banyak situs yang menjual dagangannya lewat internet. Ada kerudung, gamis, mukena, baju koko dan sebagainya sehingga bagi Anda yang merasa sibuk dan tak sempat ke pasar bisa melihat koleksi toko online yang dengan mudah kita akses. Tinggal klik, transfer dan tak lama berselang hari paket yang kita pesan sudah sampai di rumah dengan selamat.
  6. Nah, tips berikutnya supaya kita tetap merasa nyaman berbelanja baju baru untuk lebaran adalah belanja secukupnya saja. Berikan anggaran untuk Anda, anak-anak dan suami dengan porsinya masing-masing dan belikan apa yang sudah direncanakan. Abaikan segala yang berada di luar rencana, kecuali masih ada sisa budget. Namun kaum wanita harus hati-hati kalau belanja. Bisa lupa waktu karena keasyikan. Makanya perlu membawa timer agar tidak kebablasan. Sebab godaan di pasar itu sangat banyak yang membuat mata kaum wanita tersihir untuk melihatnya dan kemudian, tanpa sadar bisa saja membelinya.¬†Selamat berbelanja…. ^^

Related posts:

Jalan Cahaya; Episode Masuk Islamnya Umar bin Khattab
Muslimah Pendidik Generasi Terbaik
Tips Belanja Online

Tags : , , 0 Comments